Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. Perkembangan dan jenis-jenis pakaian tergantung pada adat-istiadat, kebiasaan, dan budaya yang memiliki ciri khas masing-masing. Pakaian juga meningkatkan keamanan selama kegiatan berbahaya seperti hiking dan memasak, dengan memberikan penghalang antara kulit dan lingkungan. Pakaian juga memberikan penghalang higienis, menjaga toksin dari badan dan membatasi penularan kuman.

Fashion telah menjadi salah satu industri utama di Indonesia, dan negara ini berhutang banyak kepada para perancang berbakat yang selalu bekerja sama dalam menciptakan karya mereka yang luar biasa. Dikenal dengan hiasannya yang mewah, pola batik yang rumit, dan desain kontemporer yang terinspirasi dari budaya tanah air. Tapi setiap bangsa di dunia memiliki individu kreatif yang passionate dengan fashion dan menciptakan sesuatu yang baru. Desainer Indonesia sekarang juga tidak kalah dengan nama-nama besar luar, maka simak beberapa perancang di bawah ini yang mungkin kamu belum pernah dengar sebelumnya, tetapi memiliki karya yang menakjubkan.

Fashion Kontemporer Berdasarkan studi literatur mengenai definisi pusat fashion diatas maka, dapat dibuat pengertian tentang Pusat Fashion Kontemporer, yaitu suatu fasilitas bangunan yang didalamnya terdapat beberapa satuan toko-toko yang saling berhubungan, tempat pameran dan fashion show hasil rancangan desainer kontemporer, dengan atrium atau hall sebagai pusat atau pemersatu kegiatan yang menjual barang-barang fashion kontemporer dengan tema yang spesifik ataupun gabungan beberapa tema, dengan fungsi pemenuh kebutuhan dan rekreasi.

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang modern, banyak masyarakat Indonesia menggunakan pakaian barat dalam kesehariannya meskipun masih menggunakan busana Nasional dalam event tertentu. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan fashion di Indonesia pada saat ini banyak dipengaruhi oleh budaya barat, tetapi masyarakat dapat mengambil sikap tertentu saja karena tetap mempertahankan budaya bangsa. Indonesia mempunyai kain dan motif yang menjadi budaya mode bangsa, namun karena jaman yang semakin modern maka masyarakat dapat mengemas dalam bentuk yang modern. Seperti Negara yang lain, seiring dengan perkembangan jaman, Indonesia tumbuh menjadi Negara fashion yang baik ditandai dengan munculnya beberapa desainer berbakat seperti Harry Darsono, Iwan Tirta, dan Admodirdjo yang saat itu mengembangkan warisan budaya bangsa. Dalam Indonesia modern saat ini terus muncul desainer muda berbakat seperti Itang Yunaz, Poppy Darsono, Ninik Darmawan, Priyo Oktaviano, dan lain-lain. Dari tahun ke tahun, fashion di Indonesia semakin bervariasi. Pada 1950 muncul gaya yang klasik dan elegan, lalu 1960 muncul gaya klasik yang lebih berwarna, karya pakaian yang serba mini, dan lebih banyak variasi. Tahun 1960 akhir, gaya yang serba mini dipadukan dengan gaya yang penuh dengan motif-motif yang berani. Tahun 1970, gaya-gaya yang lebih berani Pusat Fashion Kontemporer Yogyakarta 34 kembali muncul namun semakin kuat dan menarik dengan gaya disco dan gaya hippies. Tahun 1980, merupakan tahun yang berwarna bagi para perempuan Indonesia. Tahun 1980 ini banyak perempuan menggunakan kain dengan motif dan warna yang kontras dan siluet serba besar. Kemudian pada tahun 1990, para desainer sudah semakin bebas berekspresi. Desainer Indonesia hadir dengan ciri dan keunikan masing-masing desainer.

Sebuah Kebahagiaan Jika Kita Bisa Berbagi Informasi Kepada Mereka Yang Belum Mengerti, Klik Dan Share Info Ini Ke Seluruh Sahabat Anda !!!

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *