Kanopi adalah atap tambahan di luar rumah seperti pada bagian teras atau balkon dan carport yang lazim menghias rumah-rumah masa kini. Kanopi berfungsi untuk menahan panas sehingga rumah akan terasa lebih teduh dan juga terlindungi dari kucuran langsung air hujan.

Malahan, kehadiran kanopi dengan berbagai model dianggap sebagai pelengkap yang mempercantik tampilan rumah. Dengan beragam pilihan jenis bahan dan model membuat Anda bebas memilih yang sesuai dengan selera dan konsep rumah Anda.

Demi memudahkan pemasangan kanopi di rumah Anda, ikuti langkah berikut:

  1. Atur anggaran yang Anda sediakan untuk membuat kanopi.
  2. Pilih material rangka dan atap kanopi sesuai kebutuhan dan budget. Bila budget terbatas, Anda bisa memilih kanopi baja ringan yang harganya lebih terjangkau namun juga tahan lama.
  3. Ukur luas lahan yang akan dipasang kanopi, dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambaran berapa kira-kira budget yang akan dikeluarkan untuk membuat kanopi.
  4. Pilih jasa pemasangan kanopi yang profesional dan terpercaya.

1. Kanopi Kaca

Secara estetika, kanopi kaca berhasil membuat tampilan rumah minimalis menjadi elegan dan berkelas. Bila dipadukan dengan besi hollow hitam, kanopi kaca cocok untuk rumah modern industrial. Tetapi memasang kanopi kaca berarti Anda harus siap dengan perawatan ekstra. Karena kaca mudah pecah dan bila kaca terlihat kotor dan banyak daun kering bersarang pada kanopi, otomatis rumah akan terlihat tidak terawat. Maka bila Anda memilih menggunakan jenis kanopi kaca, lakukan perawatan rutin agar kaca selalu tampak bersih.

  1. Kanopi Polycarbonate

Kanopi polycarbonate cocok dengan hampir semua jenis rumah. Karena bahannya yang kurang kebal terhadap cahaya matahari, maka bahan ini juga cocok bagi Anda yang masih ingin ada hangatnya matahari di teras Anda. Warnanya yang transparan dan harga yang lebih terjangkau, seringkali membuat kanopi ini dipakai untuk menggantikan kanopi kaca.

Perawatannya pun mudah, cukup semprotkan air sabun untuk menghilangkan kotoran. Perawatan rutin akan mencegah munculnya jamur pada kanopi polycarbonate Anda. Pastikan Anda memilih polycarbonate anti-UV sehingga warnanya tidak mudah menguning.

3. Kanopi Spandek/Zincalume

Kanopi jenis spandek/zincalume terbuat dari perpaduan material seng, silikon dan alumunium, yang membuat kanopi spandek memantulkan panas ke ruang di bawahnya. Bahan spandek cenderung lebih tipis. Bila tidak hati-hati, kanopi spandek bisa penyok saat proses pemasangan. Bila Anda memilih menggunakan kanopi spandek, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan lapisan alumunium foil sehingga bagian carpot atau teras Anda menjadi lebih sejuk.

Kanopi spandek memiliki lapisan resin yang membuat permukaannya halus dan bersih. Bahan ini juga tahan terhadap korosi sehingga sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah di daerah pantai. Dari segi harga pun, kanopi spandek lebih hemat di kantong.

4. Kanopi Onduline

Kanopi onduline bisa menjadi salah satu pilihan untuk kanopi rumah minimalis Anda. Sifatnya yang kokoh, tahan korosi, karat dan mampu meredam suara air hujan ini tentu membuat Anda menjadi lebih nyaman. Harga yang ditawarkan pun lebih murah dibandingkan kanopi alderon. Dalam industri material, onduline juga dikenal sebagai brand yang berinovasi menggunakan serat selulosa untuk atap berkualitas.

5. Kanopi Alderon

Material kanopi alderon terbuat dari Unplasticizide Polyvinyl Chloride (uPVC). Alderon mampu meredam udara panas dan suara sehingga membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dan tidak bising. Hal ini karena material Alderon memiliki rongga yang membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. Bahan alderon juga sudah dilengkapi anti-UV sehingga membuatnya tahan lama, tidak mudah pecah dan menjaga warnanya tetap dalam kondisi baik. Untuk ketahanan, kanopi alderon sedikit lebih awet dibanding kanopi onduline.

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *